Minggu, 13 Maret 2016

Pengertian, Fungsi, dan cara kerja BIOS

     Halo sobat Blogger... berjumpa lagi di Blog sederhana saya yang cukup tidak menarik :v, kali ini saya akan membahas sedikit tentang BIOS (Basic Input Output System). apa itu BIOS? apasaja fungsi BIOS? mari sobat simak artikel dibawah ini :)


Pengertian BIOS

     BIOS adalah Singkatan dari Basic Input Output System. Merupakan suatu Software yang mengatur fungsi dasar dari Hardware komputer. BIOS tertanam dalam sebuah ROM atau pun CMOS yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut baterai CMOS, yang berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah dikonfigurasi pada BIOS tidak hilang atau kembali pada konfigurasi awal walaupun komputer dimatikan.


Fungsi utama BIOS

Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi POST (Power On Self Test) yaitu perintah untuk menganisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA card, Keyboard danmouse, Hardisk Drive dan Hardware lainnya pada saat komputer / Laptop mulai booting.

Cara kerja BIOS

Cara kerja BIOS adalah dimulai pada proses pertama yaitu proses inisialisasi, yaitu dalam proses ini kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis Hardisk dan kapasitasnya dan sebagainya. BIOS kemudian akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi dari Graphics Card. Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti Hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM  yaiutu memory count up test. Setela semua test komponen dilakukan, BIOS akan mencari lokasi Booting Device dan Sistem Operasi.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar