Senin, 14 Maret 2016

Pengertian, fungsi, hal-hal yang membuat CMOS rusak dan solusinya

      Halo sobat Blogger... berjumpa lagi di Blog sederhana saya yang cukup tidak menarik :v, kali ini saya akan membahas sedikit tentang CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). apa itu CMOS? apasaja fungsi CMOS? mari sobat simak artikel dibawah ini :)


Pengertian CMOS

 CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah jenis teknologi sirkut terpadu. istilah ini sering digunakan untuk menunjukkan pada sebuah chip bertenaga baterai yang ditemukan di banyak komputer pribadi yang menyimpan beberapa informasi - informasi dasar, seperti : tanggal, waktu dan pengaturan sistem konfigurasi yang dibutuhkan oleh sistem inot/output dasar (BIOS) untuk mengawali komputer.

Fungsi CMOS

CMOS Berfungsi untuk mengatur waktu yang ada di sebuah PC batterai bertenaga dari 4,5 sampai 6 Volt ini memberi tegangan untuk chip CMOS dan chip real timeclock non aktif. Komputer 286/486 memiliki batterai semacam ini yangg terpasang langsung ke mainboard. Komputer yang lebih tua tidak memiliki fungsi clock pada motherboardnya.

Hal-hal yang membuat CMOS rusak antara lain:

  1. Kemungkinan batterai CMOS telah lemah, sehingga tidak dapat lagi mensupport daya pada CMOS pada saat komputer mati.
  2. Kebiasaan pamakaian peralatan USB flashdisk, external hardisk yang langsung dilepas/dicabut tanpa safely remove hardware, hal itu dapat mengakibatkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS akan tersimpan dan pada saat komputer dihidupkan kembali, CMOS tidak menemukan data hardware teersebut.
  3. Ada kemungkinn terkena virus yang menyerng registry windows yang berhubungan dengan CMOS, sehingga antara CMOS dan windows tidak sinkron.
  4. Bila CMOS terganggu, maka pemakaian komputer tidak stabil, walaupun seuruh komponen komputer tidak rusak



Cara memperbaiki CMOS yang rusak dengan cara membuang semua memory yang tersetting pada CMOS:

  1. Pastikan CPU komputer anda tidak tersambung dengan jaringan listrik.
  2. Buka casing CPU anda.
  3. Setelah casing CPU dibuka, lihat pada motherboard anda, socket jumper dengan tulisan CLR CMOS (Seperti digambar).
  4. Pin 1 dan pin 2 bila di jumper berarti posisi nrmal. Cabut jumper dan pindahkan untuk menjumper antara pin 2 dan pin 3.
  5. Setelah anda jumper pin 2 dan pin 3, hidupkan CPU, dan biarkan selama setengah menit/1 menit, kemudian matikan kembali.
  6. setelah CPU mati, kembalikan lagi posisi jumper setiing keposisi jumper pin 1 dan pin 2
  7. Hidupkan CPU, maka CPU akan meminta anda untuk mensettimg BIOS, tekan F1 atau DEL (Tergantung perintah dari jenis motherboard-nya).
  8. pilih settin BIOS ke optimize default system BIOS. kemudian tean F10 untuk menyimpan ke memory BIOS serta untuk keluar.
  9. CPU akan restart kembali dan bekerja secara normal.
  10. Bila CPU telah  ekerja dengan normal, shutdown kembali CPU dan tutup kembali casing CPU.



 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar