Selasa, 01 Maret 2016

Penngertian, fungsi, dan cara kerja Magnetic Tape

 Halo Soba Blogger, bertemu lagi diBlog sederhana saya yang kurang menarik :v. kali ini saya akan membahas tentang Magnetic Tape, Artikel ini sedikit mirip dengan artikel http://anaktekaje354.blogspot.co.id/2016/03/magnetik-disk-magnetic-disc.html. untuk lebih lanjutnya simak artikel dibawah ini :)


Pengertian magnetic tape


Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya.
Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive.memori perangkat yang terdiri dari panjang tipis dilapisi plastik stripdengan oksida besi; digunakan untuk merekam audio atau video atau sinyal komputer untuk menyimpan informasi; "ia ikut bersama belasan kaset untuk merekam wawancara.

 Fungsi Magnetic Tape

1.       fungsi magnetic tape:
2.       untuk media penyimpanan
3.       untuk alat input/output
4.       untuk merekam audio, video atau sinyal

Cara Kerja Magnetic Tape

Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

Sistem Block pada Magnetic Tape

Data yang dibaca dari atau ditulis ke tape dalam suatu grup karakter disebut block. Suatu block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan physical record.Diantara 2 block terdapat ruang yang kita sebut sebagai gap (inter block gap).

 Keuntungan Penggunaan magnetic tape:

1.       Panjang record tidak terbatas.
2.       Density data tinggi.
3.       Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah.
4.       Kecepatan transfer data tinggi.
5.       Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya

 Keterbatasan Magnetic Tape:

1.       Akses langsung terhadap record lambat
2.       Masalah lingkungan
3.       Memerlukan penafsiran terhadap mesin
4.       Proses harus sequential


2 komentar: